Opini

Tanggapan Mahasiswa Telkom University Mengenai Kemacetan di Sekitar Kampus

AksaraNews, Bandung (30/11/2022)  – Kemacetan lalu lintas merupakan permasalahan yang kerap terjadi di kawasan sekitar Telkom University. Padatnya aktivitas di jalan raya tidak hanya berdampak pada mahasiswa saja, namun juga berdampak bagi masyarakat setempat yang bermukim di wilayah sekitar kampus. Tingginya penggunaan kendaraan pribadi pun menjadi satu dari sekian alasan yang melatarbelakangi kepadatan pengendara di area sekitar Telkom University. Hal tersebut lantas menjadi faktor utama dari kemacetan yang hampir terjadi setiap hari, terlebih di waktu-waktu produktif.

“Menurut saya, kemacetan di sekitar Telkom terjadi karena banyaknya pengguna motor yang sering parkir di sepanjang jalan Sukapura ataupun Sukabirus. Terlebih lagi jika terdapat mobil yang parkir di pinggir jalan, maka akan sangat menghambat lalu lintas. Di sekitar Telkom juga masih terdapat banyak jalan yang berlubang. Mungkin saran dari saya, perlahan demi perlahan (kampus berupaya) untuk memperbaiki jalan yang rusak dan mengadakan pelebaran jembatan di daerah Sukapura,”  tutur Ari Raihan, mahasiswa jurusan Informatika 2021, ketika dimintai tanggapan perihal kemacetan di sekitar kampus oleh Aksara.

Tanggapan lain pun dikemukakan oleh Febina Ayu selaku mahasiswi Telkom University, ”Kemacetan sudah tidak asing lagi dan sering kita temui khususnya di wilayah Telkom University. Saya sebagai pejalan kaki merasa sangat terganggu dengan adanya pengguna kendaraan bermotor yang sering berlalu-lalang di sekitaran Telkom. Sepanjang Pujasera depan gate 2 sampai gate 4 terlihat banyak sepeda motor yang parkir di pinggir jalan sehingga membuat akses jalan semakin sempit. Cara mengatasi permasalahan ini dengan melarang kendaraan bermotor parkir sembarangan di marka jalan. Menurut saya, kebanyakan yang parkir kendaraan bermotor di tempat itu adalah mahasiswa Telkom University, jadi sebaiknya kendaraan bermotor diparkir di dalam kampus. Tidak hanya pengguna kendaraan bermotor saja, saya sebagai pejalan kaki yang sering melintasi jalan tersebut juga ikut merasakan dampaknya.”

Kemacetan di kawasan sekitar Telkom University yang acap kali terjadi memberikan dampak yang cukup signifikan bagi pengguna jalan raya. Alih-alih menunggu Kampus maupun Pemerintah Daerah memperbaiki prasarana terkait, lebih baik kita selaku mahasiswa/i mulai mengambil langkah untuk menciptakan perubahan positif. Beberapa di antaranya ialah dengan meminimalisasi pemakaian kendaraan pribadi dan mengurangi penggunaan lahan parkir di bahu jalan.

 

Penulis: Bella Hutauruk

Editor: Charissa Zahra

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button