Headline

Tanggapan Mahasiswa Terkait Kebijakan Larangan Kegiatan Arak-Arakan Setelah Wisuda

AksaraNews, Bandung (01/12/2022) – Arak-arakan atau parade merupakan tradisi yang biasa dilakukan dalam rangkaian acara wisuda sebagai bentuk selebrasi dan apresiasi para mahasiswa kepada para wisudawan. Tradisi arak-arakan ini menjadi suatu hal yang lumrah terjadi di berbagai universitas. Namun, baru-baru ini Telkom University melarang adanya arak-arakan/parade yang dilaksanaan setelah wisuda berakhir.

“Sebenarnya agak disayangkan karena beberapa himpunan sudah well prepared untuk ini. Tapi balik lagi, pasti pihak kampus punya alasan kongkrit yang memang gak bisa banget buat ngadain arak-arakan pas wisuda, dan pasti udah jadi bahan evaluasian juga untuk wisuda periode ini,” tutur Diffa Farazky Yogasara, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika.

Diffa juga menambahkan harapan untuk arak-arakan ini dapat dilaksanakan lagi di periode selanjutnya, “Doain aja semoga untuk periode berikutnya bisa ngadain arak-arakan kaya dulu lagi.”

Hal yang sama pun diungkapkan Endah, mahasiswi jurusan Desain Komunikasi Visual angkatan 2021. Ia mengungkapkan bahwa pihak kampus pastinya mempunyai alasan yang kuat sehingga tradisi arak-arakan harus dilarang pada periode tahun ini.

“Menurutku kenapa gak boleh, pertama, kerumunan. Kedua, pihak kampus masih bertanggungjawab penuh kalo mahasiswa mengalami kecelakaan dalam kampus. Ketiga, dampak negatif parade/arak-arakan selain membahayakan orang lain juga bisa mengotori kampus. Keempat, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sih, tepatnya penyebaran covid,” ujarnya saat dimintai pendapat.

Terkait kebijakan larangan kegiatan ini, kampus pasti memiliki alasan tersendiri. Kampus memiliki tanggung jawab penuh atas mahasiswa, jika terjadi kecelakaan seperti mahasiswa yang terkena Covid-19 karena berkerumunan, atau juga bisa mengotori kampus.

 

Penulis : Athalia Zahra

Editor : Putri Legia Damayanti

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button