Telkom University di Ajang Asia Pacific ICT Alliance (APICTA) 2017

0
529

AksaraNews, Bandung (17/12/2017) – Telkom University kembali mencetak prestasi juara. Tim Rhythm yang beranggotakan lima mahasiswa Telkom University, berasal dari Program Studi Teknik Informatika, Ilmu Komputasi, dan Teknik Elektro, yaitu Abdul Rahman Safari, Dani Agung Prastiyo, Faishal Rachman, Fiona Ramadhani, dan Musa Abdul Aziz, serta Dr. Satria Mandala, Ph.D selaku dosen pembimbing, merupakan tim perwakilan Telkom University yang berhasil meraih Merit Award untuk kategori Tertiary Student Project di ajang Asia Pacific ICT Alliance (APICTA) 2017 yang diselenggarakan pada 7-10 Desember 2017 di Dhaka, Bangladesh.

Dalam ajang ini, Tim Rhythm mempersembahkan Adaptive Arrhythmias Monitoring System yaitu suatu sistem berbasis android dan web yang terintegrasi untuk mendeteksi dan memantau aritmia sejak dini. Aritmia merupakan suatu gangguan pada detak jantung yang dapat menyebabkan Sudden Cardiac Death.

APICTA 2017 ini diikuti oleh 16 negara, yaitu Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, China, Taipei, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Macau, Malaysia, Myanmar, Pakistan, Singapura, Sri Langka, Thailand dan Vietnam, dengan total 532 karya dari 17 kategori yang dikompetisikan.

Ada dua macam penghargaan di dalam APICTA 2017 ini, yaitu Winner dan Merit Award. Winner Award merupakan penghargaan yang diperoleh oleh tim dengan nilai tertinggi. Sedangkan, Merit Award merupakan penghargaan yang diperoleh oleh tim dengan nilai tertinggi kurang dari 5% terhadap nilai Winner Award dan diatas nilai minimum yang telah ditetapkan. Dengan kata lain, Winner Award merupakan juara pertama dan Merit Award merupakan juara kedua.

Melalui karya dari Tim Rhythm ini diharapkan dapat menjadi kontribusi yang berharga dalam dunia kesehatan di Indonesia dan Dani yang merupakan salah satu anggota tim berharap bahwa karya yang dihasilkan serta penghargaan yang diperoleh oleh timnya tersebut dapat memotivasi para mahasiswa lainnya. “Semoga ini bisa jadi motivasi bagi para mahasiswa khususnya buat mahasiswa Tel-U, agar selalu semangat meraih mimpi dan berkontribusi untuk bangsa,” ujar Dani.

Sumber : Dani Agung Prastiyo
Penulis : Muhammad Yovinanda Maulana
Editor : Hartika Imanniar