Telkom University Klaim Dua Gelar Prestasi

    0
    90
    sumber gambar : google

    AksaraFeature, Bandung (21/08/2019) – World Class University (WCU) dapat dipahami sebagai mekanisme pemeringkatan kampus dalam skala internasional. Prof. Akhmaloka mengatakan bahwa WCU tergantung dari sistem yang digunakan dalam kampus tersebut. Hadirnya WCU ini diharapkan dapat mendorong persaingan universitas kelas dunia lainnya pada era globalisasi.

    Telkom University dikenal sebagai salah satu WCU yang berada di Indonesia. Melalui Rapat Pimpinan (Rapim) Telkom Foundation di Lembang Asri Resort, Kabupaten Bandung, pada 22-23 April tahun 2015 lalu, mantan rektor Telkom University, Prof. Ir. Mochamad Ashari, M. Eng, Ph.D, membuka suara. Beliau mengatakan bahwa label WCU yang disematkan pada Telkom University tidak diraih dalam satu malam, dibutuhkan waktu dan kerja keras untuk meningkatkan kualitas maupun reputasi institusi agar meraih label WCU.

    Sejumlah prestasi yang diraih oleh Telkom University membuktikan kelayakannya dalam perolehan label WCU. Salah satu prestasi membanggakan tersebut dibuktikan dengan tampilnya seorang mahasiswa S1 Fakultas Teknik Elektro (FTE), Espinal Adrinaldi, sebagai juara pada ajang Huawei ICT Competition 2018 tingkat nasional. Adrinaldi juga menjadi salah satu wakil Indonesia dalam Huawei ICT Competition 2018 tingkat Internasional.

    Selain itu, pada tanggal 22-24 Februari 2019 lalu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Telkom University berhasil meraih enam buah medali emas, dua buah medali perak, dan lima buah medali perunggu dalam ajang ITN (Institut Taekwondo Nusantara) Open III 2019 yang diselenggarakan di GOR Padjajaran Bandung. Tidak hanya itu, mahasiswi Fakultas Industri Kreatif (FIK) melalui Program Studi Kriya Tekstil berhasil meraih juara 1, 2, dan juara favorit pada ajang Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2019.

    Masuknya Telkom University ke dalam daftar QS World University Rankings Asia dalam peringkat 451-500 juga merupakan salah satu hal yang membuat Telkom University layak mendapat label World Class University. Akreditasi yang dikeluarkan oleh QS (Quacquarelli Symonds) atau lembaga pemeringkatan universitas dunia menjadi salah satu acuan untuk meraih gelar World Class University.

    Selain dikenal sebagai World Class University, Telkom University juga dikenal sebagai entrepreneur university. Suatu universitas yang memiliki jiwa entrepreneurship (kewirausahaan) dapat disebut dengan Entrepreneur University (EU), terdapat aktifitas-aktifitas yang dilakukan yang berorientasi pada profit tanpa menghilangkan fungsi universitas sebagai lembaga pendidikan.

    Sebagai suatu perguruan tinggi, Telkom University sudah tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai. Salah satu tujuan dari Telkom University adalah melahirkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan agar dapat terlibat langsung dalam dunia kewirausahaan itu sendiri.

    Dalam sebuah seminar kewirausahaan yang diadakan di Auditorium Gedung Damar Telkom University tanggal 22 Oktober 2018 lalu, rektor Telkom University periode 2018-sekarang, Prof. Adiwijaya, menyatakan bahwa pengembangan wirausaha khususnya dalam bidang startup di Telkom University yang dirintis oleh mahasiswa terus mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena Telkom University didukung oleh Bandung Techno Park dan beberapa pusat penelitian di dalamnya.

    Pada tanggal 15 September 2018 lalu, dalam ajang Wirausaha Muda Mandiri 2018 bertempat di Malang, Jawa Timur, yang diadakan oleh Bank Mandiri, sejumlah sivitas akademika membuktikan bahwa gelar Entrepreneur University memang pantas didapatkan oleh Telkom University. Hal ini dibuktikan dengan prestasi yang diraih oleh Telkom University sebagai Perguruan Tinggi Terbaik I Wirausaha Muda Mandiri 2018.

    Penulis: Dhitiya Atika Susilahwati

    Editor: Falaah Saputra