Telkom University Menjadi PTS Nomor 1 di Indonesia

0
79

AksaraNews, Bandung (21/8/2019) – Jumat pekan lalu tepatnya pada 16 Agustus 2019, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia tahun 2019 di Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta.

Berdasarkan siaran pers Kemenristekdikti bahwa klasterisasi ini dilakukan untuk memetakan perguruan tinggi Indonesia yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti guna meningkatkan kualitas perguruan tinggi sekaligus menjadi dasar bagi Kemenristekdikti untuk memberikan kebijakan sesuai kapasitas setiap klaster perguruan tinggi tersebut.

Pemeringkatan Perguruan Tinggi 2019 berfokus pada indikator atau penilaian yang berbasis Output – Outcome Base, yaitu dengan melihat Kinerja Masukan dengan bobot 40 % yang meliputi kinerja Input (15%) dan Proses (25%), serta Kinerja Luaran dengan bobot 60% yang meliputi Kinerja Output (25%), dan Outcome (35%).

Rektor Telkom University (Tel-U) Prof. Adiwijaya mengatakan bahwa Telkom University pada tahun sebelumnya menempati peringkat 3 untuk PTS (Perguruan Tinggi Swasta) untuk tingkat nasional, dan peringkat 33 untuk seluruh PT (Perguruan Tinggi) di Indonesia termasuk Perguruan Tinggi Negeri.

“Pada tahun 2018 kami menempati peringkat 33 untuk seluruh PT di Indonesia termaksud negeri, dan pada tahun ini kami diurutan pertama untuk PTS, jika termasuk dengan PT negeri, kami di posisi 14,” ucapnya.

Berdasarkan indicator penilaian yang diberikan kemenristekdikti, Adiwijaya menambahkan bawa Tel-U yang paling menonjol dari sisi proses jumlah akareditasi prodi (Program Studi), sudah 70 % prodi di Tel U terakreditasi A dan 59 % diantaranya terakreditasi internasional.

“Alhamdulillah dari kinerja input apa yang sudah dimiliki Tel-U sudah memberikan poin penilaian yang baik, itu semua karena sudah hampir seluruh Prodi di Tel-U mengantongi akrediatasi A (unggul) dan 59% diantaranya sudah terakreditasi Internasional.” jelasnya.

Adiwijaya menambahkan dari segi output terkait hasil riset dan hasil inovasi, sudah di buktikan bahwa Tel-U masuk menjadi nominasi dalam Grand Final Anugerah Widyapadhi tahun 2019 sebagai lembaga pengembangan inovasi dan lembaga entrepreneurship, yang akan diumumkan pada Hari kebangkitan Teknologi Nasional (HARTEKNAS) pada 27 Agustus 2019 di Denpasar, Bali.

“Sejalan dengan tema HUT RI ke-74 yaitu SDM Unggul Indonesia Maju, Telkom University juga akan terus berkontribusi untuk turut membantu dalam pengembangan SDM di Indonesia dan ikut mengembangkan perekonomian Indonesia dengan menciptakan entrepreneurship dan menghasilkan inovasi-inovasi untuk negeri ini,” ucapnya.

Berdasarkan siaran pers Kemenristekdikti berikut 10 perguruan tinggi swasta terbaik tahun 2019 :

1. Universitas Telkom ( klaster 2)

2. Universitas Islam Indonesia (klaster 2)

3. Universitas Bina Nusantara (klaster 2)

4. Universitas Katolik Parahyangan (klaster 2)

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (klaster 2)

6. Universitas Surabaya (klaster 2)

7. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (klaster 2)

8. Universitas Tarumanagara (klaster 2)

9. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (klaster 2)

10. Universitas Ahmad Dahlan (klaster 2)

Sumber: Public Relation Telkom University