Headline

Telkom University Raih Gelar Juara pada KRI 2021

AksaraNews, Bandung (28/10/2021) – Dua tim mahasiswa Telkom University berhasil meraih dua medali Perunggu pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 tingkat nasional. Acara ini berlangsung mulai dari 12 – 17 Oktober 2021 secara hybrid di Universitas Gadjah Mada (UGM). Dua tim yang berhasil meraih gelar juara ini bersaing pada dua kategori lomba yaitu Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Tim pertama, Tim Arjuna yang berlomba pada kategori KRSRI, menciptakan sebuah robot SAR (Search & Rescue) yang bertujuan untuk melakukan evakuasi korban ketika terjadi bencana alam atau kebakaran pada suatu wilayah. Robot ini akan berjalan secara autonomous (tanpa awak) melakukan pencarian sumber api untuk dipadamkan pada sebuah area berbentuk labirin. Penilaian utama pada kategori ini adalah kecepatan waktu dalam menetralisir bencana dan evakuasi korban.

Untuk tim kedua, Tim Titanium, berlomba pada kategori KRTMI. Pada kontes tematik ini selalu mengalami perubahan setiap tahunnya. Khusus pada tahun ini, KRTMI memainkan permainan tradisional yaitu Dam-daman. Kontes ini diterapkan dengan mengadopsi teknologi Digital-Twin yang menghadirkan proses desain berbasis sistem yang lebih virtual.

Permainan ini akan dimainkan oleh dua tim yang menggerakan robot masing-masing di lapangan fisik untuk memindahkan koin di lapangan digital menggunakan teknologi virtual digital-twin tadi. Penilaian utamanya adalah menjadi pemenang dalam bertanding Dam-daman itu sendiri.

Koordinator Tim Robotik Tel-U, yang juga merupakan mahasiswa Fakultas Teknik Elektro, Felix, mengungkapkan peraihan juara ini tidak lepas dari persiapan rekan-rekan yang dilakukan jauh hari sebelum kompetisi berlangsung.

“Kami tekankan kepada masing-masing tim untuk memiliki niat, tekad, dan kemauan yang tinggi untuk dapat menciptakan robot yang sesuai dengan peraturan dan misi yang ada. Persiapan tersebut juga dilakukan jauh-jauh hari sehingga tidak tergesa-gesa dan setiap tim juga tidak menyerah untuk selalu melakukan riset-riset yang dapat meningkatkan kinerja dari robotnya. Progres setiap tim juga selalu dipantau agar selesai tepat waktu dan sesuai dengan target yang telah dibuat” ungkap Felix.

Ia juga menambahkan bahwa dukungan dari pihak kampus, terkhusus dosen pembimbing menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap kemenangan yang diraih kedua tim yang mewakili Telkom University.

“Dukungan institusi sangatlah berpengaruh terhadap langkah tim untuk menjadi juara. Dukungan tersebut dibuktikan dengan adanya dosen-dosen pembimbing yang setia mendampingi tim untuk berlomba. Selain itu, dukungan berupa pendanaan untuk memenuhi kebutuhan perlombaan juga diberikan sehingga kami bisa menciptakan robot dengan performa yang bagus.” Jelas Felix.

Sebagai informasi, KRI 2021 telah diselenggarakan sejak 22 September 2021 untuk tingkat wilayah I dan II. Bagi para peserta yang lolos, akan mengikuti perlombaan pada tingkat nasional yang saat ini berlangsung pada 17-22 Oktober 2021.

Pada KRI 2021, ada 6 kategori yang dilombakan, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI); Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda; Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid; Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Penulis: Iqbal Abdul Ra’uf

Editor: Yudinda Gilang Pramudya

Related Articles

Back to top button