Telur Asin Beraneka Rasa Khas Brebes

    0
    200

    AksaraFeature, Brebes (26/10/2019) – Brebes merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah, dengan Kecamatan Brebes sebagai ibu kotanya. Memiliki moto Brebes Berhias dan salah satu julukannya adalah Kota Telor Asin. Telur asin merupakan masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan. Makanan tersebut pertama kali berkembang di Brebes sekitar tahun 1950-an oleh pasangan suami-istri bernama In Tjau Seng dan Tan Polan Nio, mereka membuka usaha telur asin pertamanya di Brebes. 

    Di Indonesia terutama pulau Jawa, telur asin biasanya diproduksi dari telur bebek pelari dengan ciri khas cangkang telur berwarna biru. Telur asin baik dikonsumsi dalam jangka waktu satu bulan (30 hari) setelah diproduksi.

    Saat ini, sudah ada tiga varian rasa telur asin selain telur asin asli atau original. Dalam proses produksinya, telur asin asli atau original ini hanya melalui proses perebusan setelah diasinkan. Sementara untuk ketiga varian rasa lain, ada beberapa proses yang harus dilalui. Telur asin panggang, misalnya. Setelah melalui proses perebusan, varian telur asin ini harus masuk ke dalam oven sampai kadar airnya berkurang. Lain halnya dengan varian telur asin pindang. Setelah melalui proses perebusan, telur harus dilumuri dengan bumbu rempah seperti daun salam, lengkuas, kunyit, dan daun sereh yang sudah dihaluskan, lalu kemudian dimasak di dalam oven. Untuk varian telur asin asap, setelah proses perebusan, telur lalu dimasukkan ke dalam kotak besi yang di bawahnya menyala bara api dari batok kelapa. Varian telur asin cukup berbeda, karena memiliki warna yang kecokelatan dan mengilap, ketika dimakan akan terasa rasa sangit dari asap. Telur asin asap merupakan varian telur asin yang lebih kering dari varian telur lainnya. Ketika musim mudik, telur asin asap merupakan varian yang paling banyak dicari oleh pemudik yang berkunjung ke Brebes

    Perlu kalian ketahui, telur asin yang kualitasnya paling baik memiliki ciri-ciri bagian kuning telur berwarna jingga terang hingga kemerahan, kering atau tidak mengeluarkan cairan, tidak menimbulkan bau amis, dan rasa asin tidak menyengat. Buat kalian yang berkunjung ke Brebes, jangan lupa bawa pulang telur asinnya!

    Penulis: Dhitiya Atika Susilahwati

    Editor: Falaah Saputra Siregar