Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

    0
    437

    AksaraNews, Bandung (19/11/2017) – Curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini menyebabkan banjir di beberapa daerah seperti Dayeuhkolot, Ciparay, Majalaya dan Banjaran. Curah hujan yang tinggi ini menyebabkan mahasiswa harus memperhatikan beberapa hal seperti, selalu membawa payung atau jas hujan dan memeriksa kendaraan secara rutin. Memeriksa kondisi kendaraan merupakan faktor yang tak kalah penting karena tidak jarang kendaraan mogok disaat harus melewati banjir. Apalagi, cuaca yang buruk seperti ini sering kali menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan. Berikut beberapa tips bagaimana berkendara yang aman saat musim hujan.

    1. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan perawatan dilakukan tepat waktu

    Motor dengan keadaan prima dapat mencegah mogok saat menerjang banjir. Perawatan yang dilakukan secara berkala dan komponen mesin seperti busi, karburator, mesin injeksi dan oli yang sering dirawat akan menekan persentase angka kemogokan pada saat menghadapi banjir.

    1. Jangan sembarang menerobos genangan air

    Hal yang harus diperhatikan ketika berkendara adalah jangan sembarang menerobos genangan air karena kita tidak tahu seberapa dalam genangan air tersebut. Ini bertujuan agar genangan air tidak mengenai komponen mesin dan mencegah knalpot agar tidak kemasukan air.

    1. Mencuci motor dengan secara teratur dan berkala

    Mencuci kendaraan juga merupakan salah satu hal penting dalam merawat mesin. Karena sifat hujan terdiri dari 90% H2O dan 10% zat kimia lain, seperti zat asam, menyebabkan komponen kendaraan seperti mesin, knalpot, stang motor mengalami pengaratan lebih dini. Dengan mencuci motor secara berkala dapat menetralisir asam lebih sedikit.

    1. Menggunakan alat penutup busi pada kendaraan

    Busi berfungsi untuk memicu mesin pengapian agar mesin kendaraan menyala. Pada saat banjir, busi merupakan komponen yang harus kita lindungi dengan menggunakan alat penutup busi sehingga air tidak mengenai busi tersebut.

    1. Apabila kendaraan mogok, jangan panik dan tetap berpikir jernih

    Apabila kendaraan mogok ditengah banjir, hal yang harus dilakukan yaitu jangan panik. Bawalah kendaraan ke bahu jalan, cek komponen apa yang bermasalah, dan segeralah cari bengkel terdekat untuk ditangani lebih lanjut.

    Lima cara diatas merupakan tips berkendara yang aman saat musim hujan. Tetaplah menjadi mahasiswa dengan etika berkendara yang baik di jalan agar tetap selamat sampai tujuan.

    Penulis : Dick Archandana

    Editor   : Adinda Anugerah Pertiwi