Tips Memulai Bisnis Sebagai Langkah Awal Hidup Mandiri

    0
    333
    Sumber: google

    AksaraFeature, Bandung (4/11/2018) – Sebagai mahasiswa, selain mendapat nilai akademis yang memuaskan, kita dituntut aktif pada saat bersamaan. Beraneka ragam kegiatan digeluti mahasiswa, seperti mengikuti unit kegiatan jurnalistik, himpunan mahasiswa, unit kegiatan futsal, dan lain-lain. Pun tak sedikit mahasiswa memilih merintis usaha sejak dini sebagai langkah awal produktif dan hidup mandiri.

    Merintis bisnis pada saat kuliah memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan kemandirian, bertanggung jawab, memeperoleh penghasilan dengan mandiri dan masih banyak lagi. Tidak diragukan lagi mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneur akan lebih mandiri dan solutif dalam memecahkan berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

    Adapun beberapa tips yang kami sajikan agar mahasiswa yang akan merintis bisnis tersebut memiliki keharmonisasian dalam menjalanai kuliah dan usahanya, yakni:

    1. Siapkan Modal

    Modal merupakan komponen utama dalam memulai usaha untuk sektor kecil, menengah, maupun besar. Modal disini tidak semata-mata tentang uang. Modal bisa berupa relationship, kemampuan berpikir, dan fasilitas penunjang.

    1. Targeting Market

    Tentukan target pasar yang akan dimasuki sektornya. Dalam ekonomi terdapat dua istilah bernama red ocean and blue ocean. Red ocean merupakan suatu kondisi persaingan pada pasar yang memiliki kesamaan dan menyebabkan banyak sekali pelaku bisnis yang saling bersaing. Sedangkan blue ocean merupakan kondisi dimana menciptakan konsep atau ruang baru dalam pasar yang belum disentuh atau belum termanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu, apabila ingin merintis bisnis pada saat kuliah, tentukan prospek yang jarang digapai dan yang pasti profitable.

    1. Resourcing dari Sarana Universitas

    Resourcing atau menentukan dan menerapkan apa saja yang sumber daya yang akan digunakan.manfaatkan sumber daya yang cenderung low cost bahkan gratis. Manfaatkanlah sarana universitas untuk menjadikan bisnis yang kamu geluti menjadi maksimal. Sarana yang mungkin bisa dimanfaatkan adalah lahan untuk usaha.

    1. Eksekusi Bisnis

    Seperti kata pepatah, “Bisnis yang baik yaitu bisnis yang dijalankan, tidak hanya diangankan”. Bisnis yang telah dikonsepkan dan diolah secara matang hendaknya sesegera mungkin diimplementasikan. Ada tiga dasar konsep yakni feed forward (perencanaan), concurrent (pelaksanaan), feedback (evaluasi). Dengan mengintegrasikan 3 konsep tersebut, bisnis anda akan lebih terstruktur input dan outputnya, serta controllable.

    Wirausaha merupakan suatu alternatif bagi mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan dapat membuka lapangan kerja baru hingga bisa menekan angka pengangguran. Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus bangsa diharapkan terus berinovasi dengan kapabilitas serta kompetensi masing-masing untuk menjadikan Indonesia negara makmur dan mandiri.

    Penulis: Dick Archandana

    Editor: Fidya Rahmawanti