Tips Memulai Kehidupan Baru Sebagai Mahasiswa

    0
    105

    AksaraFeature, Bandung (30/07/2019) – Sebentar lagi mahasiswa baru akan memulai masa perkuliahannya. Masa perkuliahan tentunya berbeda dengan masa sekolah dulu, perasaan semangat, malu, sampai takut pasti dirasakan ketika baru menjadi mahasiswa. Selain menjalankan proses pembelajaran, mahasiswa juga pasti ingin melakukan kegiatan lain seperti mengikuti UKM maupun organisasi lainnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan keseimbangan antara belajar dan berorganisasi. Berikut tips yang bisa kalian coba sebagai mahasiswa baru :

    1. Memperluas Pertemanan
    Salah satu caranya adalah dengan mengikuti banyak kegiatan yang terbuka bagi seluruh mahasiswa. Manfaatkan kegiatan tersebut dengan berpartisipasi dalam kehidupan kampus. Kegiatan yang kalian lakukan ini bisa saja aktivitas yang kalian sukai atau bergabung dalam kelompok untuk mempraktikkan apa yang sudah dipelajari dalam perkuliahan, sehingga akhirnya anda mengikuti pelajaran dengan baik.

    2. Catatlah Materi dengan Baik
    Sebaiknya materi yang disampaikan dosen kalian catat baik dibuku maupun di barang elektronik seperti laptop. Banyak mahasiswa yang mengetik atau bahkan hanya dengan memfoto materi, tetapi pastikan menulis catatan dengan baik agar materi lebih mudah diingat dan dipahami, selain itu materi yang kita catat bisa digunakan untuk dipelajari kembali.

    3. Review Setiap Pelajaran
    Mahasiswa sebaiknya tidak hanya datang untuk kuliah, tetapi kalian juga harus memahami materi yang diberikan dosen. Review kembali materi kuliah yang diajarkan secara rutin sehingga kalian sudah siap saat ujian tiba, selain itu dengan sering me-review pelajaran nilai yang didapat juga akan memuaskan. Review yang bisa dilakukan seperti membaca kembali catatan kalian, pergi ke perpus untuk mencari buku mengenai materinya, atau bertanya kepada teman.

    4. Hindari Kebiasaaan Menunda
    Kebiasaan menunda merupakan hal yang sangat buruk bagi setiap orang, terlebih mahasiswa. Hal ini menyebabkan banyak dampak. Selain terburu-buru dalam menyelesaikan tugas, ilmu yang didapatkan akan sedikit. Menunda tugas juga akan semakin menumpuk tugas lain, sehingga waktu yang seharusnya cukup untuk mengerjakan tugas habis karena terus menunda waktu.

    5. Berorganisasi
    Berorganisasi adalah salah satu cara untuk memperluas pertemanan dan menambah pengalaman lebih yang tidak didapat dari perkuliahan. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari berorganisasi, salah satunya adalah melatih leadership atau kepemimpinan. Dalam keadaan ini, kalian akan dihadapkan dengan berbagai kegiatan yang mengharuskan untuk menyatukan ide dari berbagai orang, mengambil keputusan yang tepat,  dan harus mampu untuk memecahkan masalah dengan cepat dan tepat. Hal tersebut berguna untuk masa depan pada saat kita bekerja nanti.

    6. Manajemen Waktu
    Penting bagi mahasiswa untuk membagi waktu antara kuliah, berorganisasi, dan kebutuhan pribadi. Sebagai mahasiswa kita harus menyusun prioritas. Berdasarkan hal tersebut, pastikan memprioritaskan kuliah dan tugas-tugas yang harus diselesaikan, karena bagaimanapun kewajiban seorang mahasiswa adalah belajar dan lulus kuliah. Jangan sampai melalaikan tugas kita sebagai mahasiswa demi hal lain yang tidak berguna.

    7. Mempunyai Target
    Ditengah kesibukan sebagai seorang mahasiswa, kalian harus mempunyai target. Salah satunya seperti menargetkan waktu lulus agar tepat waktu, karena itu kalian harus berusaha bagaimana cara agar target tersebut tercapai. Hindari rasa malas dan jangan menunda tugas. Manfaatkan waktu luang dan kesempatan yang ada dan jadikan hal itu sebagai target yang harus dipenuhi agar lulus tepat waktu.

    Itu dia beberapa tips menjadi seorang mahasiswa yang bisa kalian lakukan. Proses tersebut akan sulit dilewati bila tidak dilakukan dengan sungguh-sungguh. Maka dari itu, jika ingin menjadi yang terbaik, lakukanlah sungguh-sungguh dengan hasil yang sangat memuaskan untuk masa depanmu. Selamat menempuh kehidupan sebagai mahasiswa baru!

    Penulis : Shinta Permatasari

    Editor : Nur Azizah Arini Putri