Tips Menjalani Perkuliahan Daring

    0
    87

    AksaraFeature, Bandung (10/09/2020) – Sudah 5 bulan pemerintah menganjurkan pelaksanaan WFH (Work From Home) untuk mencegah penularan virus korona atau COVID-19. Hal ini juga berdampak kepada lembaga pendidikan, termasuk perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia, untuk mengubah sistem perkuliahan tatap muka menjadi daring dari rumah masing-masing. Selama melakukan semua kegiatan hanya di rumah saja, pastinya rasa jenuh dan bosan melanda kita. Hilangnya fokus yang berujung pada kesulitan dalam memahami materi yang diberikan selama kuliah daring ini. Tapi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kita tetap fokus dan produktif menjalankan kuliah online ini.

    1. Cari tempat atau ruangan yang membuat nyaman dan membuat konsentrasi lebih tinggi

    Tidak seperti di kelas, di rumah kamu pastinya lebih sulit untuk berkonsentrasi saat melakukan perkuliahan daring. Banyak hal yang dapat mengganggu kamu saat kuliah daring berlangsung. Carilah tempat yang membuat kamu nyaman dan dapat berkonsentrasi dengan penuh saat melakukan perkuliahan daring.

    1. Mencatat jadwal kuliah

    Meskipun dari rumah, bukan berarti kita bias bermalas-malasan atau tiduran seharian di rumah apalagi sampai kebablasan jadwal kuliah. Jadi, kamu harus mencatat jadwal kuliah agar tidak sampai ketiduran atau bahkan sampai lupa.

    1. Mencatat hal-hal penting dari materi perkuliahan

    Selain menyimak materi yang berlangsung, kita juga harus mencatat hal-hal penting dalam materi perkuliahan yang sedang berlangsung. Agar kamu bisa mendapatkan poin-poin penting dari materi perkuliahan daring yang sedang berlangsung saat itu.

    1. Mengistirahatkan mata sejenak

    Melihat ke arah layar komputer atau smartphone selama berjam-jam pastilah melelahkan. Sempatkanlah untuk mengistirahatkan mata kamu sejenak, agar tidak mata tidak cepat lelah dan sakit.

    1. Refreshing

    Setelah melakukan segala urusan perkuliahan secara daring jangan lupa untuk refreshing sejenak. Refreshing di rumah bisa dalam bentuk melakukan video call dengan teman-teman, bermain game, menonton film, atau sekedar jalan-jalan mengitari rumah. Refreshing ini sangat penting agar kita tidak stres.

    Itulah 5 tips agar kuliah daringmu tetap fokus dan produktif. Jadikan masa pandemi ini sebagai sarana untuk membuat kalian lebih produktif meskipun di rumah. Stay safe and stay healthy semuanya.

    Penulis : Eka Yahya Iskandar Syah

    Editor : Iqbal Abdul Ra’uf