Wisata Bahari Pangandaran

    0
    68

    AksaraFeature, Bandung (26/08/2019) – Pangandaran merupakan salah satu aset wisata Jawa Barat. Daerah yang memisahkan diri dari Kabupaten Ciamis pada 2012 ini menyimpan banyak pesona alam di dalamnya. Mulai dari pemandangan lautan lepas, garis pantai yang mempesona, kuliner bahari yang melimpah, sampai wahana air yang beragam. Berikut adalah beberapa tempat yang bisa dikunjungi saat kamu hendak berlibur santai ke Pangandaran.

    1. Pasir Putih

    Terletak tidak jauh dari Pantai Barat Pangandaran, tempat ini memiliki hamparan pasir berwarna putih yang menawan. Tempat ini bisa ditempuh dengan menaiki perahu seharga Rp20.000,00. Selain itu, pengunjung akan sekaligus ditawarkan destinasi titik wisata lainnya seperti tempat ditenggelamkannya kapan Illegal oleh Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi, sarang burung Walet, hingga tempat sesajen para nelayan. Dengan tambahan titik tersebut, pengunjung hanya menambah biaya sekitar Rp30.000,00.

    Selain dengan perahu, Pasir Putih bisa ditempuh melalui Cagar Alam Pantai Timur maupun Pantai Barat Pangandaran. Adapun harga tiket masuk cagar alam ini yaitu Rp20.000,00. Dengan menempuh jalur ini, pengunjung akan diedukasi mengenai flora dan fauna yang dilindungi oleh pemerintah setempat. Body Rafting Green Valley, Citumang

    2. Body rafting Green Valley, Citumang

    Body rafting merupakan aktivitas perorangan di dalam sungai. Salah satu lokasi di Pangandaran yang menyediakan wahana ini adalah Sungai Citumang. Harga dipatok Rp100.000,00 untuk wisatawan non-lokal dan Rp50.000,00 untuk wisatawan lokal. Pengunjung bisa menguji nyali dengan melewati berbagai rintangan sepanjang Sungai Citumang. Dengan arus yang cukup tenang, wahana ini aman untuk berbagai usia.

    3. Green Canyon

    Selain Citumang, kamu bisa menguji adrenalin di Green Canyon Pangandaran. Pengunjung dimanjakan dengan paduan air hijau dan gua yang terbentuk dari bebatuan alami. Untuk harga, pengunjung harus merogoh uang sebesar Rp175.000,00 – Rp210.000,00. Harga ini sebanding dengan pemandangan yang didapat. Sedangkan, jarak yang ditempuh yaitu 10 km. Dengan perlengkapan safety body rafting, pengarung akan melewati sungai Cijulang sampai Green Canyon dengan aman.

    Untuk kamu yang hanya ingin memanjakan mata, terdapat fasilitas perahu untuk menikmati pemandangan Green Canyon ini. Harga yang ditawarkan sekitar Rp30.000,00 – Rp50.000,00.

    4. Pantai Batu Hiu

    Batu Hiu terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran. Disini terdapat beberapa gazebo yang dapat digunakan sebagai tempat piknik keluarga. Selain itu, banyak spot foto yang instagramable. Untuk masuk ke tempat ini tidak dipungut biaya sepeser pun.

    5. Pantai Batu Karas

    Rasanya, kurang afdol apabila berlibur ke pantai tapi tidak merasakan air lautnya. Pantai Batu Karas, dengan intensitas ombak yang rendah cocok untuk kamu yang ingin bermain di pesisir pantai. Tempat ini bisa dipakai untuk berenang, namun dibatasi dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

    6. Pantai Barat dan Pantai Timur

    Salah satu keindahan pantai adalah bisa melihat matahari terbit dan matahari terbenam di ujung lautan. Di Pangandaran, terdapat dua pantai berbeda untuk menikmati pergerakan matahari berbeda. Pantai Timur untuk matahari terbit dan Pantai Barat untuk matahari tenggelam. Pantai Timur dan Pantai Barat bisa dipakai berenang, namun dibatasi mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Kedua lokasi ini pun menjadi pusat oleh-oleh khas Pangandaran.

    7. Pantai Madasari

    Pantai Madasari terletak di Jalan Pantai Wisata, Masawah, Cimerak, Pangandaran. Lokasi ini mempunyai beberapa spot perkemahan. Sayangnya, ombak yang cukup tinggi membuat pengunjung dilarang mendekati garis pantai. Tetapi jangan khawatir karena pemandangan yang ditawarkan memuaskan. Terdapat bukit batu yang bisa dinaiki. Di puncak bukit tersebut, pengunjung bisa melihat luasnya lautan sejauh mata memandang.

    Penulis: Fidya Rahmawanti

    Editor : Dina Fadillah