Wisata Klasik di Kota Bandung

    0
    135

    AksaraFeature, Bandung (26/08/2019) – Liburan bisa menjadi sebuah pelepas penat setelah lelah seharian bekerja, bisa dengan mengunjungi alam bebas atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Salah satu destinasi kota wisata yang sering dilirik oleh wisatawan adalah Kota Bandung. Selain menyajikan pemandangan indah dan udara segar, Bandung juga memilik wisata kota yang cukup menarik. Berikut beberapa wisata menarik di Kota Bandung:

    1. Museum Geologi

    Museum Geologi terletak di jalan Diponegoro Nomor 57, Bandung, Jawa Barat. Museum Geologi memamerkan koleksi-koleksi kerangka purba dan batu-batu dari zaman dinosaurus. Di museum ini juga terdapat berbagai video yang dapat menjelaskan hal hal yang ada di museum tersebut. Museum Geologi memilik waktu buka dari pukul 09.00 WIB hingga 15.30 WIB pada hari Senin-Kamis. Sedangkan Jumat dan libur nasional tutup. Lalu dibuka kembali pada hari sabtu pada jam yang sama sampai pukul 13.30 WIB. Untuk harga tiket masuk Museum Geologi dipatok sangat murah untuk pelajar dan turis lokal seharga Rp2.000,00 sampai Rp3.000,00 sedangkan untuk turis asing dipatok dengan harga Rp10.000,00.

    2. Chinatown

    Chinatown terletak di Jalan Kelenteng Nomor 41 Daerah Andir. Chinatown sendiri adalah sebauah tempat di mana kita bisa menemukan banyak makanan dengan suasana seperti di Cina. Tiket masuk yang ditawarkan pun relatif murah, Rp10.000,00 saat weekdays dan Rp20.000,00 saat weekend, itu pun sudah termasuk dengan botol mineral kecil. Ketika kita mulai memasuki pintu utama, kita sudah disambut dengan ruangan yang dipenuhi oleh barang antik yang tentu saja bernuansa Cina. Mulai dari bangunan, ornament, hingga atmosfer yang ada di Chinatown membuat kita seolah tidak berada di Bandung. Nuansa merah dan gedung klasik Cina mendominasi tempat ini. Tempat foto yang menarik menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung kesini. Kita juga bisa menyewa baju tradisional Cina seharga Rp75.000,00 sampai Rp150.000,00 tergantung model yang dipinjam, pengunjung boleh memakai baju sewaan selama yang diinginkan. Setelah puas bermain dengan baju sewaan dan berfoto di spot yang instagramable pengunjung bisa menikmati hidangan kuliner yang disediakan di sana. Kedai-kedai yang berjejer menawarkan beragam macam menu, mulai dari makanan khas Bandung hingga makanan Barat ada disana. Untuk pembelia makanan ini di sana tidak akan menerima uang tunai, hanya boleh dengan kartu debit.

    3. Jalan Asia-Afrika

    Bagi kalian yang senang dengan wisata santai dengan berjalan kaki, kalian bisa mengunjungi jalan Asia-Afrika. Jalan Asia-Afrika sendiri memiliki sejarah bagi kota Bandung, karena di jalan ini terdapat Hotel Savoy Homan tempat terjadinya konferensi Asia Afrika. Sepanjang jalan Asia Afrika kita bisa berjalan santai menikmati suasana kota bandung yang “vintage” karena bangunan dan suasananya masih seperti jaman dulu. Di sepanjang jalan asia afrika juga kita bisa menemukan orang-orang yang memakai berbagai macam kostum atau cosplay, mulai dari hantu sampai superhero ada disana. Setelah lelah berjalan, kalian bisa mampir ke Masjid Agung untuk bersantai di halaman depan masjid. Masjid Agung juga biasanya cukup ramai dari sore hingga malam hari, karena banyak yag berjualan di sekitaran sana. Masjid Agung yang menjadi alun-alun kota Bandung ini juga mempunyai tempat iconic-nya yaitu halaman depan yang memakai rumput hijau sintetis, yang biasanya dipenuhi oleh orang-orang untuk duduk dan bermain.

    4. Jalan Braga

    Masih dengan tema jalan santai, Braga adalah tempat yang harus banget kamu kunjungi kalau ke Bandung. Jalan braga juga dikenal dengan kesan vintage-nya karena bangunan yang masih terlihat seperti jaman dulu dan jalannya yang masih batuan halus seperti jaman Belanda. Tak heran para wisatawan selalu datang ke jalan Braga untuk foto. Ketika pertama memasuki Braga, pinggiran jalannya dipenuhi lukisan dari seniman jalanan. Ada juga galeri yang cukup besar memamerkan lukisan dari beberapa seniman. Semakin jalan memasuki Jalan Braga kanan-kirinya dipenuhi oleh beberapa kafe, restoran, hingga kelab malam. Toko antik hingga toko furnitur kayu juga ada di sana. Jika ingin berbelanja dan menonton film ada Braga City Walk yang siap memenuhi keinginan kalian, semua ada di satu jalan yang sama. Cocok untuk kalian yang ingin menikmati segala suasana dalam satu jalan.

    5. Gedung Sate

    Gedung Sate merupakan gedung yang sangat terkenal di Bandung. Gedung ini berada di Jalan Diponegoro Nomor 22, Citarum Kota Bandung. Bisa dibilang Gedung Sate juga merupakan ikon dari Kota Kembang ini. Gedung Sate ini sebenarnya adalah sebuah Kantor Pemerintahan Gubernur Jawa Barat yang di dalamnya juga terdapat museum bagi masyarakat umum. Gedung Sate didirikan pada zaman Belanda untuk pemerintahan gubernur juga. Museum gedung sate sendiri buka pada pukul 9.30 – 16.00 WIB. Di dalam museum, kita disajikan beberapa sejarah Kota Bandung dan sejarah gedung sate itu sendiri, lengkap dengan bioskop mini bagi kalian yang ingin menikmati film. Jika kalian ingin berkunjung ke museum gedung sate kalian harus reservasi tiket kalian terlebih dahulu di laman museum, museumgedungsate.org. Tarif yang dikenakan untuk tiap pengunjung sebesar Rp5.000,00 saja.

    Itu dia beberapa tempat wisata yang bisa kalian kunjungi. Selain bermain dan berjalan-jalan, tempat-tempat tersebut juga menyimpan banyak sejarah yang bisa kita pelajari. Yuk, jadikan liburan kalian lebih bermanfaat!

    Penulis: Ismania Setyowaruni

    Editor: Nur Azizah Arini Putri