Yuk, Cari Tahu Tentang Seragam Kuliah di Tel-U

0
4753

AksaraFeature, Bandung (14/8/2018) – Saat SMA dulu, mungkin kamu sering membayangkan bahwa masa-masa kuliah nanti akan sangat mengasyikan karena bisa mengenakan baju kesukaan untuk pergi ke kampus. Sebagian besar perguruan tinggi yang berada di Indonesia memang tidak menetapkan peraturan khusus berseragam bagi mahasiswanya, tetapi tidak bagi kita yang berkuliah di Universitas Telkom. Berdasarkan keputusan rektor Universitas Telkom Nomor : KR. 514/AKD6/BKA/2014 tentang pakaian seragam mahasiswa di lingkungan Universitas Telkom, dijelaskan bahwa pakaian seragam merupakan salah satu identitas yang menjadi kebanggan serta pembeda, menciptakan kedisiplinan, juga kerapihan dan keindahan bagi mahasiswa sebagai penggunanya. Demi tercapainya hal tersebut, maka kita mahasiswa/i Universitas Telkom diwajibkan untuk mengenakan seragam sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Aturan ini sudah berlaku sejak tanggal 22 Juli 2014. Nah, berikut merupakan ketetapan seragam untuk mahasiswa Universitas Telkom:

  1. Seragam untuk FTE, FRI, FIF, FIT

– Senin, kemeja seragam Universitas Telkom dan celana/rok panjang berwarna hitam atau biru gelap. Pada hari senin, kita akan mengenakan kemeja seragam Universitas Telkom yang berwarna merah. Kemeja ini berlengan panjang, namun bisa dilipat dan dikancing ke atas. Seragam ini bisa kamu dapatkan di koperasi mahasiswa yang biasanya akan mengadakan bazaar saat masa-masa check-in asrama mahasiswa/i baru. Namun, kalau kamu tidak sempat datang ke bazar, kamu bisa mendapatkannya di sekre koperasi mahasiswa yang terletak di dekat kantin teknik, fakultas teknik.

– Selasa dan Rabu, kemeja putih dan celana/rok hitam panjang berwarna hitam atau biru gelap. Untuk hari selasa dan rabu, seragam yang digunakan adalah kemeja putih polos, diperkenankan yang berlengan panjang maupun pendek.

– Kamis dan Sabtu, kemeja bebas berkerah dan celana/rok panjang bahan bebas. Setiap Kamis dan Sabtu, kita diperbolehkan mengenakan kemeja bebas berkerah, tetapi tidak diperbolehkan untuk mengenakan yang berbahan kaos. Jika kamu tidak memiliki kemeja untuk dikenakan, kamu bisa mengenakan kaos berkerah. Berbeda dengan Senin dan Selasa, pada Kamis dan Sabtu kita dapat mengenakan celana panjang berbahan bebas sopan. Untuk perempuan dapat menggunakan rok panjang maupun celana panjang berbahan bebas sopan.

-Jumat, kemeja batik dan celana/rok panjang bahan bebas. Setiap Jumat, kita akan mengenakan kemeja batik. Seragam ini tidak hanya dikenakan oleh mahasiswa/i, namun juga oleh staff Universitas Telkom. Tetapi, jika kamu tidak memiliki kemeja batik, kamu boleh mengenakan kemeja bebas berkerah ataupun kaos berkerah.

  1. Seragam untuk FEB dan FKB

Bagi kamu mahasiswa/i yang berkuliah di Fakultas Ekonomi Bisnis dan Fakultas Komunikasi Bisnis, kamu boleh mengenakan kemeja bebas berkerah dengan celana panjang berbahan bebas sopan maupun rok panjang untuk perempuan.

  1. Seragam untuk FIK

Untuk kamu mahasiswa Fakultas Industri Kreatif, maka tidak ada ketentuan seragam untuk kamu. Kamu bisa mengenakan pakaian bebas namun harus tetap sopan.

Nah, itu semua merupakan pakaian seragam yang harus dikenakan mahasiswa/i Universitas Telkom. Meskipun ketentuan-ketentuan tersebut membuat kita tidak bisa mengenakan pakaian sesuai dengan keinginan kita untuk berkuliah, tapi kita harus tetap rajin berkuliah. Jangan jadikan seragam sebagai halangan untuk berkuliah yaa!

 

Penulis: Fathan Abdul Shodiq

Editor: Annisa Nisrina

Infografis: Faradiba Maharani